DESA PLAMPA'AN

Foto: peta desa plampa'an

Visi Desa Plampa’an

Visi adalah gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan, berisikan cita dan citra yang ingin diwujudkan, dibangun melalui proses refeksi dan proyeksi yang digali dari nilai-nilai luhur yang dianut oleh seluruh komponen pemangku kepentingan.

Bersamaan dengan penetapan RPJM-Desa Plampaan dirumusan dan ditetapkan juga Visi Desa Plampaan “Pembangunan Plampaan Bersatu Untuk Kesejahteraan Umat”

 

Misi Desa Plampa’an

Hakekat Misi Desa Plampaan merupakan turunan dari Visi Desa Plampaan. Misi merupakan tujuan jangka lebih pendek dari visi yang akan menunjang keberhasilan tercapainya sebuah visi. Dengan kata lain Misi Desa Plampaan merupakan penjabaran lebih operatif dari Visi. Penjabaran dari visi ini diharapkan dapat mengikuti dan mengantisipasi setiap terjadinya perubahan situasi dan kondisi lingkungan di masa yang akan datang dari usaha-usaha mencapai Visi Desa Plampaan.

Untuk meraih Visi Desa Plampaan seperti yang sudah dijabarkan di atas, dengan mempertimbangan potensi dan hambatan baik internal maupun eksternal, maka disusunlah Misi Desa Plampaan sebagai berikut:

1.    Mewujudkan dan mengembangkan kegiatan keagamaan untuk menambahkeimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2.    Mewujudkan dan mendorong terjadinya usaha-usaha kerukunan antar dan intern warga masyarakat yang disebabkan karena adanya perbedaan agama, organisasi, dan lainnya dalam suasana saling menghargai dan menghormati.

3.    Membangun dan meningkatkan hasil pertanian dengan jalan penataan pengairan, perbaikan jalan sawah jalan usaha tani, pemupukan, dan polatanam yang baik.

4.    Membangun dan meningkatkan hasil peternakan dengan jalan perbaikan sarana dan prasarana yang menunjang peningkatan hasil peternakan sapi. domba dan ayam kampung serta peternakan ikan lele.

5.    Menata Pemerintahan Desa Plampaan yang kompak dan bertanggung jawab dalam mengemban amanat masyarakat.

6.    Meningkatkan pelayanan masyarakat secara terpadu dan serius,

7.    Mencari dan menambah debet air untuk mencukupi kebutuhan pertanian.

8.    Menumbuh Kembangkan Kelompok Tani dan Gabungan Kelompok Tani serta bekerja sama denga HIPPA untuk memfasilitasi kebutuhan Petani.

9.    Menumbuhkembangkan usaha kecil dan menengah.

10. Bekerjasama dengan Dinas Kehutanan dan Perkebunan didalam Melestarikan Lingkungan Hidup.

11. Membangun dan mendorong majunya bidang pendidikan baik formal maupun informal yang mudah diakses dan dinikmati seluruh warga masyarakat tanpa terkecuali yang mampu menghasilkan insan intelektual, inovatif dan enterpreneur (wirausahawan).

12. Membangun dan mendorong usaha-usaha untuk pengembangan dan optimalisasi sektor pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan, baik tahap produksi maupun tahap pengolahan hasilnya.

 

Kondisi Geografis

Desa Plampa’an terletak di dataran tinggi dengan ketinggian 27 meter sampai 34 meter diatas permukaan laut. Parameter iklim meliputi curah hujan dan hari hujan, suhu/temperature udara, kelembapan udara, kecepatan dan arah angin, dan lama penyinaran matahari.

Menurut penggolongan tipe curah hujan menurut Schmidt dan Ferguson, daerah studi termasuk dalam iklim tipe A dengan sector curah hujan rata-rata bulanannya lebih besar dari 100mm.

Hal ini bearti bahwa keseluruhan bulan termasuk dalam bulan basah nilai Q berkisar antara 0-14%. Curah hujan dan banyaknya hari hujan di Kabupaten Sampang berdasarkan stasiun Sampali, dapat dilihat dalam table berikut ini.

Bulan

Tahun 2021

Curah Hujan (mm)

Hari Hujan

Januari

322.00

19

Februari

429.80

25

Maret

201.60

24

April

201.90

25

Mei

156.00

14

Juni

12.80

4

Juli

45.30

4

Agustus

10.10

3

September

1.50

1

Oktober

63.00

5

November

112.70

15

Desember

397.10

29

Rata-rata

162,9

14

                         Sumber: Sampang dalam angka, 2021

Berdasarkan data di atas, curah hujan tertinggi di sampan, jatuh pada bulan Februari yakni sebesar 429.80 mm, sedangkan hujan bulanan terendah jatuh pada bulan September yakni 1.50 mm. Sedangkan banyaknya hari hujan jatuh pada bulan Desember, Februari, Maret, dan April, yakni 24-29 hari, dan hari hujan terendah jatuh pada bulan September yakni sebanyak 1 hari.

Dan suhu udarayang ada di wilayah Kabupaten Sampang pada tahun 2021 dari Dinas Pertanian Kabupaten Sampang diketahui bahwa fluktuasi udara tidak terlalu besar. Data suhu/sektor udara selama tahun 2021 dapat dilihat dalam tabel berikut ini.

Bulan

Suhu Rata-rata (dari 3 kali pengamatan: pukul 07:00, 13:00, 18:00)

Januari

28.30

Februari

27.83

Maret

28.26

April

28.56

Mei

28.88

Juni

28.34

Juli

28.03

Agustus

28.37

September

29.32

Oktober

29.12

November

29.07

Desember

27.24

Rata-rata

27.61

             Sumber: Sampang dalam Angka, 2021

Untuk suhu udara di Kabupaten Sampang dari prngukuran lapangan tercatat suhu udara pada tahun 2021 dengan suhu tertinggi jatuh pada bulan Bulan September yakni sebesar 29,32°C, dan suhu udara terendah jatuh pada Bulan Juli dengan nilai 28,03°C. kelembapan udara rata-rata di wilayah studi dari tahun 2021 terakhir terdapat 27,61°C.

Data kecepatan angin di wilayah Kabupaten Sampang dari pengamatan stasiun sampali tahun 2016-2021 terakhir tergolong rendah, yakni berkisar antara 2.45 m/det. Arah angin pada musim kemarau cenderung bergerak dari arah barat laut ke utara, sedangkan pada musim hujan arah angin cenderung bergerak menujun arah tenggara ke selatan.

Lama penyinaran matahari di wilayah studi rata-rata perbulan berkisar antara 84%, dimana penyinaran maksimum terjadi pada bulan Mei dan penyinaran minimun terdapat pada bulan Februari, sedangkan besarnya penguapan rata-rata perbulan yakni 3,81 mm/hari. Secara rinci disajikan pada tabel berikut ini.

No

Unsur Iklim

Satuan

Hasil Pengukuran

1

Kelembapanm Udara

%

27,61

2

Penyinaran Matahari

%

84

3

Kecepatan Angin

m/det

2.45

4

Penguapan

Mm/hari

3,81

          Sumber : Sampang dalam Angka, 2021

Desa Plampa’an memiliki batas-batas wilayah sebagai berikut:

Ø Sebelah Utara Berbatasan Dengan            : Desa Madulang  Kecamatan Omben

Ø Sebelah Selatan Berbatasan Dengan         : Desa Rabasan Kecamatan Camplong

Ø Sebelah Timur Berbatasan Dengan           : Desa Pamolaan Kecamatan Camplong

Ø Sebelah Barat Berbatasan Dengan           : Desa Manggar Kecamatan Proppo, Pamekasan

Jarak Desa Plampa’an dengan:

Ø Ibu Kota Provinsi Jawa Timur (Surabaya) : ±92,2 km

Ø Ibu Kota Kabupaten Sampang                    : ±11,3 Km

Ø Ibu Kota Kecamatan Camplong                  : ±12 km

 

        Dusun di desa Plampa’an

Wilayah di Desa Plampa’an terdiri dari 7 dusun yaitu:

1.    Dusun Tebanah

2.    Dusun Amparah

3.    Dusun Karang Sambih

4.    Dusun Masjid

5.    Dusun Pangbatas

6.    Dusun Lampek

7.    Dusun Batabata

     Desa Plampa’an bertetanggan dengan desa-desa lain yang ada di Kecamatan Camplong, yaitu Batas Utara dengan Desa Madulang, Batas Selatan dengan Desa Rabasan, Batas Timur dengan Desa Pamolaan, dan Batas Barat dengan Desa Manggar kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan. 

@kkn_27_plampaan 

 

Penulis: Alifnur F.P.

Comments

Popular posts from this blog

Sosialisasi Pengenalan Teknologi Tepat Guna oleh Mahasiswa KKN-T 27 Universitas Trunojoyo Madura kepada Kelompok Tani Desa Plampaan

Mahasiswa KKN-T 27 Universitas Trunojoyo Madura Mengadakan Sosialisasi dan Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) Menggunakan Limbah Cair Produksi Tahu di Desa Plampaan